Page 21 - AR Asuransi Bintang 2022
P. 21

 Kami memandang bahwa implementasi strategi dan fokus pertumbuhan Perusahaan di tahun 2022 telah dilaksanakan sesuai rencana kerja dan mencapai hasil yang baik. Pencapaian tersebut di atas telah berhasil dilakukan dengan tetap senantiasa menjaga kualitas portofolio risiko yang disertai dengan pengembangan pasar, penambahan mitra usaha baru dan peningkatan kemampuan teknologi untuk diferensiasi pasar. Perseroan juga telah berhasil mendapatkan Ijin produk Asuransi Fleksi InveSTAR (AFI) yang merupakan produk Unit Link pertama yang sesuai Dengan SE OJK 05/2022.
Didukung oleh kemampuan teknologi yang sudah dimiliki sebelumnya Perusahaan kembali berhasil mengarungi pandemi Covid-19 di tahun 2022 ini dengan baik. Secara berkesinambungan penerapan stress test dan cash flow monitoring secara harian monitoring pencapaian Key Performance Indicator (KPI) dan Service Level Agreement dalam model kerja yang baru terus disesuaikan dengan pergerakan situasi dan kondisi. Perusahaan juga senantiasa mengkaji keefektifan model kerja dari rumah (work from home – WFH) dan model kerja dari kantor (work from office – WFO) dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang terjaga dengan sangat baik hingga saat ini.
Sebagaimana yang sudah disampaikan dan disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham, Perusahaan akan mengalihkan portofolio unit usaha syariah kepada perusahaan asuransi syariah yang telah memiliki ijin usaha dan seluruh proses dapat diselesaikan paling lambat pada bulan Oktober 2024. Proses ini sedang berjalan dan rencana pemisahan unit usaha syariah Perusahaan telah mendapatkan persetujuan OJK.
Menyikapi pencapaian kinerja Perseroan selama tahun 2022, Dewan Komisaris dan Direksi menyepakati berbagai langkah yang harus dilakukan untuk memastikan peningkatan kinerja Perusahaan pada tahun 2022 dan tahun-tahun mendatang, terutama model kerja dan peningkatan monitoring dalam menghadapi pandemi covid-19 yang sudah semakin terkendali. Langkah-langkah tersebut diantaranya peningkatan secara berkesinambungan penetrasi produksi premi pada premi-premi kecil (mikro) namun dalam jumlah yang besar sebagaimana yang sudah berjalan, peningkatan penetrasi kembali pada portofolio yang sudah menunjukkan profitabilitas yang baik seperti asuransi kendaraan bermotor dan asuransi varia, pengembangan penjualan produk- produk baru seperti Produk Asuransi Yang Dikaitkan
We consider that the implementation of the strategy and focus on the Company’s growth in 2022 has been carried out according to the work plan and achieved positive results. Such achievements have been successfully carried out by continuing to maintain the quality of the risk portfolio accompanied by market development, adding new business partners and increasing technological capabilities for market differentiation. The Company has also succeeded in obtaining the license for Asuransi Fleksi InveSTAR (AFI), which is the first Unit Link product that complies with SE OJK 05/2022.
Supported by the existing owned technological capabilities, the Company has again successfully navigated the Covid-19 pandemic in 2022. The implementation of stress tests and cash flow monitoring on a daily basis, monitoring the achievement of Key Performance Indicators (KPI) and Service Level Agreements in the new work model which continues to be adjusted to occuring changes The Company is also constantly reviewing the effectiveness of the work from home (WFH) and work from office (WFO) models while maintaining health protocols which have been impelemented conducively.
AsconveyedandratifiedattheGeneralMeetingof Shareholders, the Company will transfer the sharia business unit portfolio to a sharia insurance company that already has a business license and the entire process can be completed no later than October 2024. This process is ongoing and the plans to separate the sharia business unit has obtained OJK’s approval.
In response to the achievement of the Company’s performance in 2022, the Non-Executive Board and the Board of Directors agreed on various required steps to ensure the Company’s higher performance in 2022 and in the coming years, especially the work model and increased monitoring in facing the increasingly controlled Covid-19 pandemic. These steps include continuous improvement on the penetration of premium production in small (micro) premiums but in large amounts as it is already running, increasing penetration on the portfolios that have shown good profitability such as motor vehicle insurance and varia insurance, sales development of new products such as Investment-Linked Insurance Products or Unit Link products and Index-Based Plant Insurance (ATBI), and keeping claim expenses at the
  Laporan Tahunan 2022 Annual Report 19
PT Asuransi Bintang Tbk

























































































   19   20   21   22   23