Page 251 - AR Asuransi Bintang 2022
P. 251

 lingkup pekerjaan Auditor Internal selain meliputi pemeriksaan dan penilaiaan atas kecukupan dan efektivitas struktur pengendalian internal (internal control) dan kualitas pelaksanaannya, juga mencakup segala aspek risiko dan unsur dari organisasi Perusahaan sehingga mampu menunjang analisis yang optimal dalam membantu proses pengambilan keputusan oleh manajemen. Hal ini termasuk :
1. Menelaah sistem yang telah dibentuk untuk meyakinkan ketaatan dari kebijakan-kebijakan, rencana, prosedur, hukum, peraturan, yang memiliki dampak yang signifikan terhadap operasi perusahaan.
2. Menelaah keandalan dan integritas informasi keuangan dan operasional dan perangkat yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, mengklarifikasi, dan melaporkan informasi tersebut.
3. Menelaah perangkat keamanan aset dan juga memverifikasi keberadaan aset tersebut.
4. Menelaah kebijakan akuntansi dan laporan keuangan yang penting, termasuk kebijakan akuntansi yang benar atas transaksi yang rumit dan tidak biasa (unusual).
5. Menelaah setiap potensi efesiensi dan efektivitas biaya serta membuat rekomendasinya.
6. Melaksanakan penugasan khusus dari Presiden Direktur atau Dewan Komisaris melalui Komite Audit yang relevan dengan ruang lingkup pekerjaan Unit Internal Audit.
7. Membuat laporan hasil audit dan rekomendasi untuk perbaikan.
PEMBINAAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGEMBANGAN PROFESI AUDIT
Untuk peningkatan kompetensi internal auditor dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan dalam bentuk seminar, kursus dan program sertifikasi yang terkait dengan masalah asuransi, auditing dan fraud serta Manajemen Risiko yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga yang cukup kredibel. Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Internal Audit seluruh Staf Internal Audit telah mengikuti Sertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) di Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA). Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai fraud, internal auditor perusahaan juga mengikuti kegiatan yang diadakan oleh The Institute of Internal Auditor Indonesia (IIA) Indonesia dan Association of Certified Fraud Examiner (ACFE) Indonesia Chapter.
includes examining and assessing the adequacy and effectiveness of the internal control structure and the quality of its implementation, including all aspects and elements of the Company’s organization so as to support optimal analysis in assisting the decision making process of the management. This includes:
1. Review systems that have been established to ensure compliance with policies, plans, procedures, laws, regulations, which have a significant impact on the company’s operations.
2. Review the reliability and integrity of financial and operational information and tools used to identify, measure, clarify, and report such information.
3. Review asset security devices and also verify the existence of these assets.
4. Review important accounting policies and financial statements, including the correct accounting policies for complex and unusual transactions.
5. Review every potential eff iciency and cost effectiveness and make recommendations.
6. Carry out special assignments from the President Director or the Non-Executive Board through the Audit Committee that are relevant to the scope of work of the Internal Audit Unit.
7. Prepare a report on audit results and recommendations for improvement.
HR DEVELOPMENT AND AUDIT PROFESSION DEVELOPMENT
To increase internal auditor competency, participation in various training activities in the form of seminars, courses and certification programs related to insurance, auditing and fraud as well as Risk Management issues carried out by credible institutions is necessary. To increase knowledge about Internal Audit, all Staff are participating in Qualified Internal Auditors (QIA) Certification program at Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA). To increase knowledge about fraud, the company’s internal auditors also participated in activities held by The Institute of Internal Auditor Indonesia (IIA) Indonesia and the Association of Certified Fraud Examiner (ACFE) Indonesia Chapter.
  Laporan Tahunan 2022 Annual Report
249 PT Asuransi Bintang Tbk













































































   249   250   251   252   253