Page 258 - AR Asuransi Bintang 2022
P. 258

 dan pelaksanaan sistem pengendalian internal perusahaan sehingga bisa berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perusahaan senantiasa berusaha untuk meningkatkan sistem pengendalian internal yang lebih handal dan relevan agar berjalan beriringan dengan perkembangan bisnis perusahaan demi mewujudkan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama, yang sampai saat ini sudah berjalan dengan baik.
PERNYATAAN DIREKSI DAN/ATAU DEWAN KOMISARIS ATAS KECUKUPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL
Dewan Komisaris memiliki tanggung jawab dan telah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal, termasuk menyetujui dan memantau kebijakan Direksi yang menetapkan pengendalian intern tersebut. Dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab melakukan pengawasan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit, Komite Pemantau Risiko, Komite Nominasi dan Remunerasi, serta Komite Tata Kelola Perusahaan Yang Baik.
Direksi bertanggung jawab atas terselenggaranya Sistem Pengendalian Internal yang handal dan efektif serta telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan budaya sadar risiko yang efektif di setiap level.
Audit Internal telah melakukan evaluasi terhadap efektivitas Sistem Pengendalian Internal secara berkesinambungan, berkaitan dengan pelaksanaan operasional dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan Perseroan, antara lain melalui kegiatan pemeriksaan terhadap unit kerja yang ada di organisasi perusahaan maupun Point of Sales (PoS). Dengan SertifikasiSistemManajemenMutuISO9001:2015 yang telah dimiliki oleh perseroan, perusahaan telah memiliki standarisasi proses kerja yang terintegrasi, terstruktur dan teroganisir yang lebih memudahkan pengurus perusahaan dalam melaksanakan pengawasan, pengendalian dan melakukan evaluasi untuk perbaikan dan pengendalian internal perusahaan secara berkelanjutan.
Hasil evaluasi selalu disampaikan kepada Direksi dan unit terkait untuk ditindaklanjuti dan dimonitor pelaksanaannya. Terhadap permasalahan yang muncul selalu diupayakan perbaikan dan dilakukan monitoring secara konsisten untuk memastikan Sistem Pengendalian Internal telah berjalan secara
company’s internal control system so that it can run properly. Nevertheless, the company always strives to improve the system of internal control to be more reliable so that it can keep up with the development of the company’s business in order to realize the goals that have been set together and has been running well.
STATEMENT OF BOARD OF DIRECTORS AND/OR NON-EXECUTIVE BOARD ON THE ADEQUACY OF INTERNAL CONTROL SYSTEM
The Non-Executive Board has the responsibility and has supervised the implementation of the Internal Control System, including approving and monitoring the policies of the Board of Directors that determine the internal control. In implementing the duties, powers and responsibilities of supervising, the Non- Executive Board is assisted by the Audit Committee, Risk Monitoring Committee, Nomination and Remuneration Committee, and the Good Corporate Governance Committee.
The Board of Directors is responsible for the implementation of a reliable and effective Internal Control System and has made efforts to improve an effective risk awareness culture at every level.
Internal Audit has evaluated the effectiveness of the Internal Control System on an ongoing basis, related to operational implementation in achieving the targets set by the Company, including through the audit activities on work units in the Company’s organization and point of Sales (PoS). With the ISO 9001: 2015 Quality Management System Certification, the Company has standardized integrated, structured, and organized work processes that ease the Company’s management to carry out supervision, control and evaluation for continuous improvement and internal control within the Company.
The results of the evaluation are always submitted to the Board of Directors and related units to be followed up and monitored for implementation. Improvements are always made to problems that arise and consistent monitoring is carried out to ensure that the Internal Control System has been running effectively. The
  Laporan Tahunan 2022 Annual Report 256
PT Asuransi Bintang Tbk
Tata Kelola Perusahaan | Good Corporate Governance
 



















































































   256   257   258   259   260